Ada Karakter Khusus Didalam Domain Bagus atau Jelek sih?

Ada Karakter Khusus Didalam Domain Bagus atau Jelek sih?


Ada Karakter Khusus Didalam Domain Bagus atau Jelek sih? - Punya nama domain yang keren emang menyenangkan ya, seperti misalnya nama domain dengan karakter yang pendek, singkat, dan jelas memang lebih mudah untuk diingat. Tapi untuk saat ini mungkin sangat sulit sekali, apalagi pengguna internet yang sudah semakin banyak dan banyak banget. Tidak bisa dihitung lagi jumlahnya, baik yang menggunakan internet untuk mencari informasi atau penyedia informasi itu sendiri. 

Sudah banyak bermunculan website-website baru, blog baru, yang sudah tidak asing lagi didengar di telinga. seperti menggunakan domain berbayar seperti yang sedang populer saat ini yaitu domain .COM yang ingin kita daftarkan tapi terpakai oleh orang lebih dulu.
Baca: Cara Membuat Blog Baru di Blogger Langsung Masuk Halaman Pencarian Google.

Hal ini membuat kita sendiri menjadi mencari alternatif lain yang terkadang tidak sesuai dengan keinginan kita, seperti menambahkan karakter tertentu di awal, di akhir, atau ditengah nama domain yang ingin kita daftarkan. Inilah pengalaman aku saat ingin menentukan domain pada Blog ku.
 www.pi-sang.com

CERITA DIBALIK DOMAIN WWW.PI-SANG.COM

Pada waktu itu aku bingung ingin menentukan nama domain untuk blog aku yang satu ini, nama blog yang pertama kali didaftarkan ialah 'tu-ru.blogspot.com'. Aku tidak sadar juga kenapa aku menamakan nama blog aku tersebut menjadi tu-ru. Jika diartikan kedalam bahasa Jawa artinya adalah tidur ya gak :D. 

Hingga pada akhirnya aku mengganti domain 'tu-ru.blogspot.com' menjadi 'www.pi-sang.com', pada awalnya aku ingin menggantinya menjadi 'www.pisang.com' tetapi sudah didahulukan oleh orang terlebih dahulu. Tapi ada sih sang blog [www.pisang.com] mencantumkan informasi kontak yang bisa dihubungi. Tapi aku tidak ingin membeli domain tersebut, aku sudah mengira pasti harganya sangat sangat mahal.

 www.pisang.com

Tinggal di perantauan sebagai Mahasiswa Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) membeli domain seperti itu aku rasa nanti saja jika memang sudah sangat butuh dan perlu. Akhirnya aku mengambil inisiatif lain dengan menambahkan 'tanda minus ( - )' di tengah domain yang aku daftarkan.

www.pi-sang.com adalah nama domain yang berhasil aku daftarkan, nama tersebut juga memiliki arti dan makna yaitu 'Kalau mau liat isinya, kupas dulu kulitnya' maksud dari tulisan ini yaitu karena menilai seseorang, produk, barang, atau lain sebagainya itu tidak dilihat dari luarnya saja tapi kita juga perlu tau dalamnya itu gimana sih, produk / orangnya itu gimana sih. Begitu. Jadi belum tentu luarnya bagus dalam kualitasnya jelek, begitupun sebaliknya.

Baca juga: Cara Mudah Menghasilkan Uang dari Membuat Website

Tapi dengan mengganti nama domain ini dari blogspot menjadi nama domain .com terdapat peningkatan yang cukup pesat, pengunjung menjadi lebih banyak lagi dan blog ini juga masuk page 1 google terus dengan beberapa kata kunci / keyword. 

Setelah berbulan-bulan menggunakan nama domain ini lancar-lancar saja sih walaupun ada karakter khusus didalam nama domain yang aku miliki di tengah nama domain tersebut. Tapi ada masalahnya 1 sih, seperti misalnya ada seseorang yang menanyakan nama blog kita.

Contoh:
" Ndrie, nama blog kamu apa sih? "
" pi-sang.com ...."
" oohh oke..."

keesokan harinya mereka langsung bilang, " Ndrie blog kamu gitu doang?, katanya sering nulis sama update kok jadi kayak gitu?" ohh ternyata yang mereka ketikkan di mesin pencarian itu 'pisang.com' bukan 'pi-sang.com' jadi deh nyasar dan tidak sesuai dengan keinginan mereka yang ingin mengunjungi blog aku jadi mengunjungi blog orang lain. 

ADA RENCANA INGIN MENGGANTI NAMA DOMAIN

Sempat dulu ada pernah rencana ingin mengganti nama domain, yah alasannya karena sulit diucapkan dan banyak orang salah berkunjung. Jadi pernah juga mencari-cari nama domain yang cocok untuk blog aku di sebuah penyedia nama domain yang cukup bagus menurut aku.

Tapi, niat untuk mengganti domain itu TIDAK JADI. Kenapa? Yah karena dulu aku kita mengganti domain itu bisa membuat pencarian aku di google menjadi hilang. Seperti blog tidak ditemukan, ataupun hal lainnya. Kedua, blog www.pi-sang.com sudah banyak aku rasa dikenal banyak orang, sehingga menurut aku, aku akan tetap bertahan dengan domain tersebut bersama dengan mottonya itu. 

Trus penggunaan tanda minus pada domain bermasalah tidak?
Aku sempat mencari banyak informasi mengenai hal ini di internet-internet mengenai masalah penggunaan tanda minus di domain. Hingga pada akhirnya aku menemukan sebuah artikel dari luar jika tidak salah pada waktu itu yang sedikit memihak walaupun ujung-ujungnya menyakitkan hhaha..

Setelah aku membaca artikel itu ternyata penggunaan nama domain yang memiliki karakter khusus seperti tanda minus ini tidak ada masalahnya, selama konten atau artikel yang disediakan berkualitas. Karena dari blog yang kita tulis ini juga akan dibaca orang, dibagikan oleh orang lain, dan banyak orang tentunya. Oleh karena itu, aku menulis di blog www.pi-sang.com sebelum aku terbitkan artikelnya aku melihat artikel tersebut menurut aku sudah cocok belum atau tidaknya.

Baca Juga: Penyebab Seorang Blogger Berhenti Nge-Blog dan Menjadi Trend Saat Ini

Kesimpulan 


Hem, kesimpulan.
Penggunaan tanda minus pada domain bagus atau jelek? aku mengambil kesimpulan bahwa penggunaan nama domain yang disertai dengan karakter khusus seperti tanda minus yang mirip seperti pada blog aku yaitu www.pi-sang.com adalah bukan suatu hal yang salah. Bagus atau jeleknya itu kalian sendiri yang menilai, kalau menurut aku bagus tidak ada salahnya menggunakan karakter khusus tersebut. Cuma jeleknya jadi aneh, tapi tetep bagus kok SEOnya juga bagus, masuk halaman pertama google terus dari setiap kata kunci terpilih.
Baca : Cara Agar Blog Masuk Halaman Pertama Google Menggunakan SEO

Tetapi aku tidak mempermasalahkan hal tersebut sih, yang penting kan pada artikelnya. Apakah artikel yang dibuat bisa bermanfaat bagi banyak orang atau tidak. Percuma dong punya domain yang bagus tapi tidak ada manfaatnya sama sekali untuk pembaca yaga.

Kalau menurut kalian gimana nih, domain yang ada tanda minusnya ini jelek apa bagus ? Mudeng ora toh.

56 komentar

Ga ada jeleknya juga sih mas.. Tapi aku mungkin lebih milih jg yg ga pake dash kali yaa :D. Kalo nama yg aku mau ada yg punya, ya sudlah... Aku cari nama lain aja, drpd pakein dash.. Takut jd susah diinget aja ato slh masuk ke website lain :D.

Balas dong :(

Bagiku nggak masalah juga sama seperti kamu. Karena berdasarkan pengamatanku, blog terkenal di indonesia juga banyak yang mengunakan tanda minus bahkan angka.

Balas dong :(

iyaa sama sih buatku juga ga masalah malah bisa jadi trademark juga kan, tapi blog kami sih tetep satu kata sih cari2 yang ga pasaran haha

Balas dong :(

Menurut saya sih bagus (soalnya blog sendiri juga ada tanda minus nya wkwkkwk)
Sebenarnya tidak ada masalah dalam hal apapun, ya memang benar yg menjadikan kekurangannya yaitu pengunjung terkadang salah ketik, namun jika diketik dimesin pencari justru yg muncul biasanya blog yg lebih terkenal dimata mesin pencari, jadi buatlah mesin pencari kenal lebih dalam tentag blog kita agar blog kita selalu dipromosikan (page one), gitu kira2... ��

Balas dong :(

Bener sih gak masalah ada atau tak ada tandaminusnya yang penting isi kontenya, kalau kontennya bagus pasti blognya juga rame.

Balas dong :(

Gue juga ada tanda minusnya. Muahahaha. Masalahnya bikin rada ribet aja sih kalo ngasih tahu orang lain. Tapi kan udah terlanjur. :(

Balas dong :(

Domain saya kan .top, banyak yang bilang domain murah dan jelek. Tapi kok visitor malah naik terus malah kalah yang dot com, saya simpulkan konten lah menjadi faktor utama

Balas dong :(

Domain saya kan .top, banyak yang bilang domain murah dan jelek. Tapi kok visitor malah naik terus malah kalah yang dot com, saya simpulkan konten lah menjadi faktor utama

Balas dong :(

Iya, gue juga usahain buat pendek dan jelas. Pakai nama sendiri. :D

Menurut gue, jeleknya pas ngasih tau secara langsung agak ribet gitu. Kayak yang lu bilang, malah dikira pisang tanpa "-". Ehehe. Itu aja kayaknya mah kekurangannya.

Balas dong :(

Punyaku juga ada tanda minusnya hehe lihat aja http://rizqiak-bar.blogspot.co.id/?m=1

:D

Balas dong :(

jangan pake tanda mines,.. ribet klo kata gw mah

Balas dong :(

Dan akhirnya ada penambahan - itu ya, menurutku yang penying isinya
seperti yang kamu bilang kupas dulu kulitnya
aku juga awalnya jejakmaya, ternyata sudah ada yg pakai akihirnya ada penambahan "ku"
yang penting niat baiknya aja ya ...

Balas dong :(

kalau menurut saya sih. pake strip jadi agak ribet waktu ngetik domainnya.misalkan di android ngetik strip harus tekan bagian tertentu dulu,itu membuat waktu sekitar 0,85 detik terbuang percuma :D

Balas dong :(

Gajadi masalah sih. Situs web punya bapakku juga pakai tanda minus. Bener kata temen-temen yang lain, selama kontennya bagus dan banyak dicari orang, pasti situsnya juga mudah dicari :)

Balas dong :(

Bagus-bagus aja sih kayaknya cees. Itu kan cuma tanda hyphen doang. Pas diucapin pun gak terlalu ribet. Misal: pi(strip)sang(dot)com. Sip.

Balas dong :(

Hehe.. gk enaknya ya susah diucapkannya gan.. kayak blog saya dulu.. www.mas-aldi.com (www dot mas strip aldi dot com) atau (www dot mas tanda hubung aldi dot com)
Sekarang sudah ganti jadi www.aldi.web.id , lebih personal dan mudah diucap..

Balas dong :(

nggak ada masalah sih kayaknya.
cuma susah diuacapin aja.

Balas dong :(

Gak ada masalah sih selama konten yang disajikan emang bagus dan berkualitas seperti yang kamu bilang...

Balas dong :(

Yap bener banget mba, jadi penggunaan tanda strip atau angka juga gak ada masalah :D

Balas dong :(

yapp bener tuh, kayak punya ku juga yekan :v

Balas dong :(

satu kata dan mudah diinget tuh enak bangett :D

Balas dong :(

yappp setuju sama mas wahyu, buat google mengenal blog kita yah dengan apa aja, seperti menyajikan konten yang berkualitas ( tidak copy paste ) punya orang, dan bermanfaat untuk orang banyakk :D, atau konten yang lucu juga boleh tuh :D

Balas dong :(

nahh ini dia, setuju banget :D

Balas dong :(

iya nih udah terlanjur dan udah banyak dikenal, kalo diganti malah nanti jadi 'blog tidak ditemukan' atau '404 not found' :(

Balas dong :(

nah tuh berarti kan bukan berdasarkan domain ataupun nama yang menjadi penentu blog itu bakal rame, berarti isinya yekan... banyak belajar nih :D

Balas dong :(

nah tuh berarti kan bukan berdasarkan domain ataupun nama yang menjadi penentu blog itu bakal rame, berarti isinya yekan...banyak belajar nih

Balas dong :(

iya tuh nama domain nya cuma satu satunya di dunia, enak bnget dah..
iya jeleknya mah disitu, jadi salah kunjungan deh

Balas dong :(

wahhh iyaa, tapi ga ada masalah kokk tenang ajaa, tapi jangan lupa kontennya juga harus bagus ya :D

Balas dong :(

yahhh tapi udah terlanjur, gimana dong :(

Balas dong :(

yang penying = yang penting *

wahaha penambahannya bisa macem macem ya, tergantung kesukaan aja sih mau pake strip, angka, atau kata lagi di awal, akhir atau ditengahnya... :D

Balas dong :(

wahh bener banget tuh, template blog juga harus responsive berarti dong kalo mau buka versi mobile :D

Balas dong :(

asik bapakknya juga maen blog mantepp, mungkin suatu saat ibuku juga bisa ku ajak main blog nih, yeay..

nah bener banget konten nomer 2 setelah bapak, kan nomer satunya kamu :****

Balas dong :(

yapp bener banget, tapi biasanya orang langsung bilang pisang gitu. Apalagi kek ak di kampus gini sering diucapin 'hai pisang' sial

Balas dong :(

mending pake string aja deh mas hhe, daripada pake tanda hubung, nanti orang jadi bingung, wahhh cie ganti domainn semoga sukses blognya ya mas :D

Balas dong :(

yao bener banget mas, setuju sama mas yeay :D

Balas dong :(

Kalau aku memang kurang suka dengan id yang ada karakternya, ribet ya pake strip or underscore bla blah.. Makanya aku pakai angka 1 aja dibelakang pisang1.com LOL

Balas dong :(

Kalau ga ada masalah berarti aman dong ya haha.Tapi bener banget lah ketimbang pakai kata domain turu ntr yang ada blognya jadi bobo beneran deh alias takut ga bangun-bangun kesuwen turu ne wkwk (salam kenal)

Balas dong :(

hemmm kalo gak salah pake underscore ga bisa deh :v

Balas dong :(

hahahah iya mba, pake turu nanti banyak orang ga ngerti yaudah deh ganti pi-sang.com aja :D

Balas dong :(

aku juga pake minus tapi ngga ada masalah. content is the king pokoknya, kata temen2ku yg jago komputer xD

Balas dong :(

Aku dulu juga punya blog pake minus dan agka juga, tapi sekarang udah di hapus.

Balas dong :(

Blogku juga ada dashnya. Ribetnya emang pa ditaya blognya apa? dan aku bilang alamatnya catatan strip efi dot com. Buahaha.... asal jangan orangnya yang strip, kan?

Balas dong :(

penambahan (-) memang sulit diingat tapi cukup bagus untuk SEO,, itu menurutku sih

Balas dong :(

yappbener banget content is the king, selama kontennya bagus, dan banyak keyword yang bagus untuk SEO nya mah gak masalah yakan

Balas dong :(

wah sayang banget ya blognya dihapus, padahal udah pake domain tuh :(

Balas dong :(

iay tuh ribetnya emang disitu, kadang juga harus kita tunjukin sendiri blognya itu gmna :v

Balas dong :(

nah bener tuh mas irwin, SEO nya juga bagus untuk domain yang pake strip beginian, lebih mudah terbaca dan tidak terlihat panjang kalo menurutku sh

Balas dong :(

Berarti hrs siap kartu nama ya biar ketauan ada karakter khususnya

Balas dong :(

kartu nama untuk apa nih mba hehe :D, kalo menurutku bebas sih selama artikelnya ga copas dan original :)

Balas dong :(

Tapi tagline nya keren bang, kalau mau isinya kupas dulu :D

Balas dong :(

puasa mas, lagi gamau isinya :(

Balas dong :(

bagus bagus aja sih menurutku. tapi kalo kita lupa bahwa harus pake garis pemisah di tengah kata itu ya jadi kesasar juga orang lain jadinya. lagian, kalo kita nanya ama orang lain, jarang inget detilnya sih biasanya. seperti apel, jeruk, pisang... mana ingat bahwa yang kita punya itu harus dipisah suku katanya.

Balas dong :(

nah bener banget tuh mbaa, kita sendiri pun biasanya juga bilang nya langsung, tanpa ada stripnya atau tanda penghubungnya, tapi yahh mau gimana lagi karena udah terlanjur kan, hhe

Balas dong :(

kalau menurut saya sih bener gak jadi masalah tapi sebagian besar pengunjung tiak kepikiran tentang tanda minus dalam alamat blog akhirnya bisa jadi salah alamat. Untuk itu bener ada baiknya memang harus memperbaharui konten semenarik mungkin biar pengunjung datang dengan sendirinya.

Balas dong :(

Benar dan jangan lupa juga promosi :D, penting tuh supaya orang juga tahu kalo blog kita itu ADA.

Balas dong :(

Posting Komentar

Catatan 'Penting' Sebelum Berkomentar:
  • 1. Harap berkomentar sesuai dengan judul artikel.
  • 2. Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • 3. Tidak perlu tulis link di komentar, yang sudah komentar pasti akan saya kunjungi balik lewat profil kamu.
  • 4. Terima Kasih sudah berkunjung, untuk hubungi saya bisa melalui 'Halaman Kontak'
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian kamu tercemin saat berkomentar.