Resiko Sering Mengganti Template Blog

Resiko Sering Mengganti Template Blog


Akibat Buruk Sering Mengganti Template Blog - Banyak sudah seseorang yang ingin menjadi seorang blogger dan menghasilkan uang dalam dunia blog, karena mereka mengira menghasilkan uang di blog memang mudah. Tapi juga dalam aktivitas Blogging seringkali kita menjumpai rasa bosan atau jenuh. Rasa bosan ini muncul karena selalu diharuskan mencari ide dan menulis atau melihat tampilan blog dengan tema yang biasa biasa saja. Karena melihat template blog teman yang serasa lebih bagus dan enak untuk dilihat.

Baca Juga : 
- Lomba Blog Competition Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah
- Pengaruh Penggunaan Nama Domain yang Menggunakan Karakter Khusus Pada SEO

Nah dari sinilah seringkali muncul tindakan untuk mengganti template blog yang biasa kita gunakan saat ini menjadi template blog yang baru. Namun tahukah kamu dampak buruk bagi yang seorang blogger yang sering menggonta-ganti template blognya.

Saran saya alangkah lebih baik saat membuat blog baru tentukan terlebih dahulu template yang ingin digunakan lalu gunakanlah selamanya, dan pastikan template tersebut memang template yang kamu idamkan. Karena banyak sekali dampak buruk jika kamu sering menggonta-ganti template blog bagi blog yang kamu buat.

Dan berikut ialah dampak buruk nya jika kamu sering menggonta-ganti template blog.

***

1. Traffik Blog Menurun

Resiko jika sering menggonta-ganti template blog yang paling buruk adalah turunnya traffik blog kamu, dan yang pasti juga peringkat blog kamu di halaman pencarian juga akan turun drastis. Jika kamu ingin mengganti template kamu harus siap untuk menerima kenyataan ini, dan kamu harus mengatur template blog tersebut, dan waktumu pula akan terbuang sia sia.
Baca Juga: Cara Mendatangkan Banyak Pengunjung di Blog dengan SEO

Penurunan trafik blog ini banyak disebabkan oleh banyak hal, seperti bisa juga karena mesin perayap google masih dalam proses merayapi ulang semua struktur kode template kamu, dan itu juga membutuhkan waktu yang tidak singkat., atau bisa jadi disebabkan oleh rasa malasnya pengunjung yang melihat tampilan blog kamu yang berantakan, tidak teratur. Karena biasanya seseorang yang baru mengganti template pada blognya akan menjumpai widget widget bawaan dari template lama tidak hilang di template baru, sehingga widget yang ada di template lama tidak sesuai dengan template yang baru.

***

2. Blog Terkesan Tidak Memiliki Karakter

Akibat kedua dampak buruk sering mengganti template blog adalah  munculnya presepsi seperti blog terkesan tidak memiliki karakter sendiri dan terlihat tidak profesional. Ibaratkan saja kamu yang selalu gonta-ganti penampilan, Nah umumnya orang yang selalu mengubah penampilan akan dianggap sebagai orang yang tak berkarakter karena tak punya ciri khas. Tidak fokus pada penampilan yang ia miliki dan hanya bisa mengikuti orang saja. 

Tentukanlah template blog kamu, dan buatlah template tersebut menjadi ciri khas blog kamu. Sebagai contoh template www.ndrie.com memiliki template berwarna hitam cerah, lalu tampilannya sederhana. Maka jika suatu saat seseorang melihat template yang sama maka mereka akan teringat pada template blog kamu. 


Begitu juga sama pada iklan yang terdapat dijalan-jalan itu, iklan tersebut hanya berguna mengingatkan orang agar jika suatu saat melihat iklan tersebut maka ia langsung ingat brand yang ditonjolkan. Apakah ciri khas mu?

***

3. Waktu Terbuang Sia-sia

Salah satunya resiko kamu mengganti template blog juga yaitu waktu yang seharusnya kamu produktif menjadi terbuang sia-sia karena harus mengurus template blog kamu yang baru. Saat kamu memutuskan untuk mengubah template blog, pasti kamu juga akan meluangkan waktu kamu untuk mengatur kembali template blog tersebut. 

Karena biasanya widget dari template lama terbawa ke template blog yang baru dan tidak hilang, disinilah waktu kamu akan terbuang sia-sia. Dan padahal sebenarnya kamu bisa memanfaatkan waktu tersebut untuk menulis artikel dan kembali produktif di blog, memperbanyak artikel, promosi blog supaya pengunjung blog lebih banyak datang, dan lain sebagainya.

***



4. Mempengaruhi SEO Blog
Apa sih SEO itu, lalu pengaruhnya untuk sebuah blog apa? Lalu bagaimana cara optimasi SEO di blog. Search Engine Optimization atau biasa disebut dengan SEO adalah suatu usaha untuk meng-optimasi blog atau website pada mesin pencari supaya mendapatkan rangking yang baik dalam hasil pencarian di mesing pencari.

Hal ini sangat penting sekali, sejak kemunculan mesin pencari, dari google, yahoo, bing, dan banyak lagi muncul-muncul mesin pencari lainnya yang bermunculan di media maya saat ini. Apalagi jika website atau blog yang kita miliki dapat muncul pada urutan 1 - 3 dalam pencarian yang dilakukan oleh pengunjung dalam Postingan Pertamanya.


Resiko sering mengganti template blog dalam SEO sangat berpengaruh sekali, karena menurut informasi mengganti template  membuat mesin perayap google harus merayapi kembali/ulang blog anda, dan itu membutuhkan waktu kurang lebih 1 minggu dan bahkan lebih. Cukup lama bukan.

Kemudian, muncul adanya ketidakcocokan antara struktur kode html pada template sebelumnya dengan template yang baru. Sehingga hal tersebut akan menyulitkan  dan membingungkan kita untuk mengatur ulang template tersebut.

***

Demikian, itulah ulasan yang dapat saya sampaikan mengenai Resiko Dampak Buruk Sering Mengganti Template Blog. Dari ulasan di atas, semoga dapat memberikan ilmu yang bermanfaat untuk kalian semua yang berkunjung kesini. Hindarilah penggantian template yang terlalu sering karena itu bisa merusak blog kamu dan blog kamu akan sulit ditemukan di halaman pencarian.
Catatan 'Penting' Sebelum Berkomentar:
  • 1. Harap berkomentar sesuai dengan judul artikel.
  • 2. Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • 3. Tidak perlu tulis link di komentar, yang sudah komentar pasti akan saya kunjungi balik lewat profil kamu.
  • 4. Terima Kasih sudah berkunjung, untuk hubungi saya bisa melalui 'Halaman Kontak'
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian kamu tercemin saat berkomentar.
Blogger
Disqus
Pilih Sistem Komentar Yang Anda Sukai

24 comments

Serem amat yak dampaknya.. Jadi mikir buat ganti theme

Balas

Benar sekali mas,,kalo yang baru ngeblog dengan trafik sedikit mungkin tidak begitu terasa, tapi kalo yang sudah bertrahik tinggi terasa banget mas,,,cape juga' harus atur ini itu,,,lamanya bisa berminggu minggu untuk pulih kembali mas...jadi kalo menurut saya, yang trafiknya udah tinggi, ngga usah ganti templat, apalagi yang sudah punya GA, berpenghasilan lumayan...sangat di sayangkan..ia ngga mas...

Balas

Kalau blognyamau ganti template mending dari awal saja, jadi belum terlalu besar dan dampaknya juga belum kerasa hhe

Balas

Nah bener sekali tuh mas, kalau blognya masih baru baru banget seperti saya begini mah masih ada lah toleransinya karena dampaknya gak terlalu besar... tapi kalau sudah lama gitu, umur blognya juga sudah lama, dampaknya juga bisa besar banget apalagi blog blog yang sudah terkenal gitu, template blog juga bisa menjadi ciri khas dari blog yang kita miliki jadi sebagai contoh orang melihat template kita di tempat lain jadi teringat begitu hhe :D

Balas

pokoknya gak lagi deh, saya sudah pernah nyobain dan hasilnya bikin capek buat pulihkan lagi. Saya setahun ini sudah 4x ganti template dan template terkhir ini gak lagi deh. Palingan cuman untuk modifikasi aja.

Balas

Dulu kayaknya aku rajin ganti tapi sekarang gak. Gak sempat juga sih..

Baru ku tau dampaknya sampe segitunya.. trafik menurun itu jadi sedih..

Balas

Kalau awal2 sepertinya hampir semuanya merasakannya, diimana ganti template itu sering banget. Selain itu apa-apa di pasang, widget-widget yang gak perlu juga dipasang. Tapi seiring berjalannya waktu udah dapet yang klop ya, udah. Fix, tinggal perbaiki aja kontennya dan rajin-rajinlah nulis :)

Balas

Saya termasuk yang belum ganti template sejak lama, masih begitu aja tampilannya

Balas

Nah makanya itu mas, apalagi kalau pencarian kita hilang kan nyesek banget itu :(

Balas

Jangan lupa dibagikan juga nih hehe :D

Balas

Iya mba, apalagi blog kita sudah masuk halaman google dan terindeks kan jadi sedih huhuhu

Balas

Makanya mas andi, template juga bisa menjadi ciri khas blog kita untuk orang lain gitu, saya juga kangen sama template mas andi yang dulu itu hhe :D

Balas

Wahhh bagus lah semoga konsisten dengan template blog itu ya mba hhe

Balas

gue malah udah 3 tahun lebih gak ganti2 templete, mau download terus edit2 sendiri masih malas hahaha

Balas

Wahhhh template blog mu juga bagus gitu ijo ijo hhe ;D

Balas

Kalau kangen maen aja ke blogku, Mas. Kan bisa terobati..he

Balas

waduhhhh bisa mengobati rasa kangen nih blog mas andi :D

Balas

sebenernya pengen ganti template blog, gegara template yang tak pakai ini gratisan dan kadang ada beberapa fitur yang ngga bisa dipakai (nggak sesuai sama pas live preview nya), pas diterapin untuk mobile view pun kurang responsif.

tapi habis baca ini, kok jadi mikir-mikir lagi ya? sayang juga kalau traffic turun drastis hehe

Balas

Hemmmm kalau itu bisa di otak atik di htmlnya tuh mas biar lebih responsive saar dipakai di mobile, kan lumayan dari pada harus mengganti template blog

Balas

Waktu awal2 masih suka gunta ganti template nih. Ooh ngaruh yah ke SEO. mungkin kalo buat pemula mereka masih tahapan coba2 template mana yg enak dipakai.

BTW Makasih ulasannya, bermanfaat nih..

Balas

Iya tuh mba ngaruh sih apalagi udah terindeks ke mesin pencari,

Balas

Uwaaahh pdhl aku niat mau ganti template, krn ini udah lbh dr 3 thn blm prnh ganti :D. Tp kalo efeknya begitu, jd mikir2 jg mas :D

Balas

Kalau untuk blogger pemula, pasti pernah berada di fase ini, selalu ingin ganti template. Saya sendiri awal" ganti template sebulan bisa 3 kali. Tapisemakin lama akan paham juga. Dan akan mulai fokus pada konten.

Balas

Notification
Yuk Gabung menjadi member Diskusi Komunitas Blogger Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, silahkan dipilih

- Forum Diskusi Blogger Indonesia
- Diskusi Komunitas Adsense Indonesia
- Komunitas Tutorial Blogger Indonesia

Terima kasih
Done