Yuk Konsumsi Telur dan Ayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Jangka Panjang

Yuk Konsumsi Telur dan Ayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Jangka Panjang


Yuk Konsumsi Telur dan Ayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Jangka Panjang
Yuk Konsumsi Telur dan Ayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Jangka Panjang. Menjalankan aktivitas yang banyak kita juga perlu menjaga kesehatan agar tubuh tetap sehat dan bugar. Salah satu cara untuk menjaga tubuh agar tetap sehat dan bugar adalah dengan menerapkan pola makanan yang sehat dan teratur. Dengan memiliki tubuh yang sehat dan bugar pula dapat membuat kita cerdas.

Makanan adalah salah satu kebutuhan yang wajib dipenuhi setiap hari karena dari makanan tubuh kita mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan. Manusia memerlukan makanan untuk tumbuh, bereproduksi dan memelihara kesehatan yang baik. Tanpa makanan, tubuh kita tidak dapat menjaga suhunya, membangun dan memperbaiki jaringan tubuh yang rusak, serta memelihara detak jantung. Memakan makanan yang benar dapat menghindarkan kita dari berbagai penyakit atau sembuh lebih cepat ketika penyakit menyerang.

Salah satu zat gizi utama yang diperlukan untuk menjalankan fungsi-fungsi tubuh dengan baik adalah Protein. Pentingnya protein sebenarnya sudah dapat diketahui dari namanya. Kata protein berasal daribahasa Latin, yakni prota , yang berarti sesuatu yang utama dan penting. Kebutuhan protein bagi seorang dewasa adalah 1 gram untuk setiap 1 kilogram berat badannya setiap hari. Tidak hanya orang dewasa saja, dari sejak dini pun kita sudah diajarkan oleh orang tua kita untuk mengkonsumsi telur dan ayam tentunya.

Makanan yang mengandung protein merupakan bagian penting untuk membangun dan memperbaiki jaringan tubuh mulai dari rambut hingga ujung kaki, kulit, organ dalam tubuh sampai ke tulang dan otot.

Protein berfungsi sebagai bahan dasar pembangun tubuh dan regulator gen. Protein juga diperlukan sebagai bahan pembantu dalam memelihara struktur tubuh, mempercepat reaksi kimia dalam tubuh, berfungsi sebagai pembawa pesan kimiawi, melawan infeksi, dan mengangkut oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.


Salah satu makanan yang mengandung protein adalah Ayam dan Telur. Ayam dan Telur adalah sumber protein terbaik, tidak hanya sebagai sumber protein saja ayam dan telur juga memiliki banyak kandungan vitamin yang bagus untuk kesehatan serta tubuh kita.

Telur dan Ayam adalah salah satu bahan pangan yang paling banyak ditemui dalam kehidupan sehari-hari, karena rasanya yang juga enak serta kaya pula akan vitamin, protein, dan kasiat lainnya. Hampir setiap masakan setiap harinya mengandung telur dan ayam. Bahkan ada pula dari beberapa orang menambahkan telur kedalam minuman yang mereka konsumsi, seperti contohnya saja seorang binaragawan. Biasanya mereka mengkonsumsi telur dalam keadaan mentah atau setengah matang, minum telur mentah dipercaya bisa membantu laki-laki mendapatkan bentuk badan yang ideal serta menambah stamina.

Telur merupakan salah satu makanan kesukaan penduduk ini, namun tidak hanya di Indonesia saja telur juga menjadi makanan favorit seluruh penduduk yang ada di dunia. Telur dapat dimasak sesuai dengan seleranya masing-masing mulai dari dengan cara direbus, digoreng atau bahkan dicampurkan kedalam olahan makanan lainnya. Beragam makanan dari telur tersebut memiliki rasa yang enak dan yang pasti mampu membuat banyak orang ketagihan.


Manfaat Telur Bagi Kesehatan Tubuh :
1. Kaya akan sumber protein
Manfaat telur yang pertama adalah telur mengandung sumber protein yang tinggi yang dibutuhkan oleh tubuh, Protein merupakan pembentuk utama pada tubuh kita yang memiliki banyak sekali fungsi penting seperti merangsang pertumbuhan, memperbaiki jaringan tubuh yang rusak serta membantu pembentukan jaringan tubuh yang baru dan sehat. Dalam sebutir telur, terdapat protein sekitar 6,5 gram. Selain itu juga di dalam sebutir telur juga mengandung asam amino. Di dalam telur ada setidaknya 9 jenis dari asam amino yang tidak dapat dibuat oleh tubuh. Kita hanya bisa mendapatkan ke sembilan jenis asam amino tersebut dari makanan yang dikonsumsi.

2. Bagus untuk Kesehatan Mata
Salah satu vitamin yang baik untuk kesehatan mata adalah vitamin A. Kekurangan vitamin A dapat menyebabkan ketajaman mata serta kesehatan mata menurun. Selain itu, kekurangan vitamin A juga dapat membuat seseorang beresiko terkena gangguan mata seperti halnya penyakit degenerasi makula serta katarak. Bukan hanya vitamin A, namun telur juga mengandung Zeaxanthin serta Lutein yang merupakan dua antioksidan yang bagus untuk mata.

Kedua antikosidan yaitu Lutein dan Zeaxanthin tersebut biasanya terkumpul pada area retina yang bertugas untuk melindungi dari beragam jenis bahaya. Bukan hanya anak-anak, orang dewasa ataupun orang tua, melainkan semua orang membutuhkan kedua jenis antioksidan ini. Hebatnya lagi telur telah digunakan dalam pengobatan mata seperti katarak. Semakin hari kesehatan serta ketajaman mata dapat berkurang karena berbagai alasan. Untuk mengantisipasi hal buruk dapat terjadi, sebaiknya anda secara rutin mengonsumsi makanan yang mengandung banyak vitamin A yang dapat menjaga mata anda secara lebih baik.

3. Memiliki banyak kandungan nutrisi
Dalam sebutir telur dapat ditemukan banyak sekali jenis nutrisi yang berperan baik dalam kesehatan. Beragam jenis nutrisi baik yang dapat ditemukan dalam sebutir telur mulai dari: Zat besi, Vitamin E, Vitamin K, Kalsium, Seng (zync), Mineral. Beragam vitamin dan mineral dalam telur memiliki banyak khasiat yang baik bagi kesehatan tubuh kita.

4. Telur tidak membuat kolesterol meningkat, namun meningkatkan Level HDL
Manfaat telur juga dapat meningkatkan kolesterol baik, namun tidak berbahaya. Pada tahun 90an, telur menjadi salah satu makanan yang dianggap buruk bagi kesehatan karena dianggap mengandung kolesterol yang cukup tinggi. Pernyataan bahwa telur memang mengandung kolesterol yang tinggi tersebut memang benar dan telah diuji melalui penelitian. Dalam sebutir telur terdapat kandungan kolesterol yang cukup tinggi yaitu 210 mg. Hal yang harus diluruskan disini adalah ketika mengonsumsi makanan dengan kandungan kolesterol yang tinggi, tidak serta merta membuat kolesterol dalam tubuh kita meningkat.

Liver merupakan organ dalam tubuh yang memproduksi liver dengan jumlah besar pada tiap harinya. Namun ketika yang kita konsumsi adalah telur maka liver hanya akan memproduksi kolesterol dengan jumlah sedikit. Jika kolesterol dalam tubuh cukup tinggi dan ragu-ragu boleh tidaknya mengonsumsi telur, maka kita juga bisa mengkonsultasikannya pada dokter terlebih dahulu.

Nah, untuk HDL atau High Density Lipoprotein sendiri yang merupakan kolesterol baik di dalam tubuh. Orang yang memiliki HDL lebih tinggi berarti memiliki resiko terkena stroke, penyakit jantung serta berbagai gangguan kesehatan lain yang lebih rendah. Telur merupakan salah satu asupan baik yang dapat meningkatkan level HDL di dalam tubuh. Pada sebuah penelitian, disebutkan jika mengonsumsi telur sebanyak 2 butir setiap hari, mampu meningkatkan level HDL sebanyak 10 di dalam tubuh. Baik nih untuk kesehatan tentunya!

5. Membantu dalam program diet seseorang
Bagi kalian yang memiliki berat badan berlebih tentu ingin sekali menurunkan berat namun dengan cara yang sehat. Dalam hal ini diet sehat merupakan salah satu cara yang banyak direkomendasikan sehingga tidak berdampak bagi kesehatan. Dalam menurunkan berat badan, mengonsumsi telur merupakan salah satu solusi dalam penurunan berat badan yang sehat.

Telur memiliki banyak kandungan protein yang dapat membuat perut terasa kenyang. Dengan kondisi perut terasa kenyang tersebut, kita akan terhindar dari rasa ingin makan berlebih sehingga dengan sendirinya mampu mengurangi berat badan yang dimiliki. Untuk mendapat gizi serta nutrisi yang lebih sehat lagi, kita dapat mengkombinasikan telur dengan asupan yang lain seperti gandum utuh, telur serta sayur dan berbagai menu sehat yang lain.

6. Bagus untuk kesehatan tulang
Telur juga dipercaya sebagai makanan yang bagus untuk kesehatan tulang didalam tubuh, telur mengandung vitamin D yang berfungsi sebagai vitamin untuk membantu penyerapan kalsium bagi tulang. Tidak heran jika telur menjadi salah satu makanan yang bermanfaat dalam mencegah terjadinya pengereposan tulang jika dipadu dengan makanan dengan sumber sumber kalsium.

7. Telur sebagai fungsi kekebalan tubuh
Telur juga menjadi fungsi kekebalan tubuh, karena didalam telur mengandung selenium yang bagus dalam menjaga kesehatan tubuh sehingga berbagai penyakit tidak mudah masuk dan menyerang tubuh kita.

8. Telur itu bebas LEMAK!
Telur itu bebas lemak loh. Ada tapi cuma sedikit.

9. Telur jadi sumber tenaga
Telur pula bisa dijadikan sumber energi tubuh, tidak hanya minum air putih atau makan makanan yang didapatkan dari makanan pokok seperti nasi atau ubi karena ternyata sebagai lauk pauk untuk sumber energi. Dengan telur juga sumber energi kita juga bisa bertambah sehingga aktivitas kita sehari-hari tidak terganggu hanya karena kelelahan dalam menjalankan aktivitas itu.

10. Telur bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan jantung
Mengkonsumsi telur atau makan-makanan yang mengandung protein juga sangatlah penting untuk menjaga kesehatan jantung. Protein mampu membentuk perlindungan dalam menstabilkan kolestrol yang di hasilkan dari makanan. Protein ini berfungsi untuk membunuh kolestrol yang dapat menyebabkan terjadinya resiko penyakit jantung. Oleh karenanya, protein ini sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung bagi ibu hamil, anak-anak, ataupun orang dewasa sehingga terhindar dari berbagai resiko penyakit jantung yang lainnya.


Bisa dibayangkan kan, hanya mengkonsumsi telur saja manfaatnya sudah sangat banyak sekali. Apalagi jika kita mengkonsumsi ayam, daging ayam, hati ayam, dan bagian-bagian lainnya pada ayam itu sendiri. Ayam dan Telur adalah makanan yang perfect menurut saya, karena semuanya sudah ada disini, semua yang kita butuhkan. Seperti kesehatan, umur yang panjang, mengatasi diet, pola makanan yang sehat, serta banyaknya jumlah nutrisi dan vitamin yang terdapat didalam telur dan ayam.

Mungkin dari kalian sendiri banyak yang takut mengkonsumsi telur atau ayam, karena banyaknya beredar isu-isu mengenai berbagai efek samping yang ditimbulkan jika mengkonsumsi telur ataupun ayam. Seperti saja kasus flu burung ataupun penyakit bisul yang ditimbulkan dari mengkonsumsi telur.

Pernyataan ini adalah mitos. Makan telur tidak menyebabkan bisul. Bisul, atau dalam dunia kedokteran disebut furunkel, adalah penyakit kulit akibat infeksi bakteri.

Benar sekali, mengkonsumsi telur sama sekali tidak menyebabkan bisul, makan telur tidak menyebabkan adanya gangguan kulit seperti bisul. Tidak ada hubungan langsung antara makan telur dengan kulit berbisul. Umumnya di dalam bisul akan terkandung nanah atau pus. Nanah ini mengandung jaringan kulit, sel darah putih dan sisa metabolisme yang perlu dikeluarkan.

Ada orang-orang tertentu gangguan bisul dapat timbul setelah makan telur, tapi hal ini hanya terjadi jika orang tersebut alergi terhadap bisul. Namun secara umum, makan telur tidak menyebabkan kulit menjadi bisul.

Lalu bagaimana cara mengatasi bisul yang timbul pada kulit?

Bisul dapat terjadi karena banyak hal, seperti kebersihan kulit yang tidak terjaga, dan infeksi kulit. Terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mengobati bisul.

- Jagalah kebersihan kulit. Mandi minimal dua kali sehari. Bersihkan tubuh setelah beraktivitas atau berkeringat.
- Gunakan salep antibiotik yang dioleskan dua sampai tiga kali perhari. Pemilihan salep antibiotik harus disesuaikan dengan kondisi bisul dan berdasarkan saran dari dokter.

Jika bisul besar dan tidak kunjung membaik, mungkin ada pus atau nanah yang perlu dikeluarkan. Untuk bisul jenis ini, perlu berkonsultasi dengan dokter untuk aspirasi atau penghisapan nanah. Setelah nanah keluar, maka bisul akan mengempis dan mengecil dengan sendirinya.

TELUR TIDAK MENYEBABKAN BISUL!

HARI AYAM DAN TELUR NASIONAL DAN  WORLD EGG DAY 2017

Kampanye Hari Ayam dan Telur Nasional Pinsar Indonesia Tahun 2015 di Palembang
Kampanye Hari Ayam dan Telur Nasional Pinsar Indonesia Tahun 2015 di Palembang

Hari Ayam dan Telur Nasional dan World Egg Day 2017 diperingati tanggal 1 oktober 2017 di lombok dan 15 Oktober 2017 di Jakarta. Acara HATN ( Hari Ayam dan Telur Nasional ) pertama kali dicanangkan tahun 2011 pada saat acara festival ayam dan telur oleh Menteri Pertanian Dr. Ir. Suswono, MA di Senayan Jakarta, tanggal 15 Oktober 2011. Sejak saat itu setiap tanggal 15 oktober diperingati sebagai Hari Ayam dan Telur Nasional.

Sementara itu World Egg Day (WED) dicanangkan di Wina Austria pada sebuah konferensi International Egg Commission (IEC) tahun 1996. IEC menetapkan bahwa Hari Telur Sedunia jatuh pada setiap minggu kedua bulan Oktober di Hari Jumat. Jadi setiap tahun tanggal peringatan WED berbeda-beda. Tahun ini jatuh pada hari Jumat 13 Oktober 2017.

Di Indonesia, peringatan WED mulai digagas Pinsar Indonesia sejak tahun 2000an. Kemudian pada tahun 2011 ditetapkan peringatan WED sekaligus dalam acara HATN. Acara HATN telah diakui sebagai bagian dari World Egg Day oleh International Egg Commision sejak 2016. Liputan kegiatan HATN dimuat di website resminya klik www.internationalegg.com

Atas inisiatif Pinsar Indonesia (Perhimpunan Insan Perunggasan Rakyat Indonesia), ASOHI (Asosiasi Obat Hewan Indonesia) dan didukung oleh asosiasi-asosiasi peternakan dan kesehatan hewan, mulai tahun 2013 lalu acara HATN dan Hari Telur Sedunia mulai dilakukan di luar kota, yaitu berlangsung di Lapangan Renon Denpasar tahun 2013. Kemudian tahun 2014 diselenggarakan di pantai Losari Makassar, tahun 2015 di Palembang dan tahun 2016 di Lapangan Murjani Banjarbaru

Tahun 2017 ini HATN dan WED akan dipusatkan di Lombok, Ibukota Provinsi Nusa Tenggara Barat. Selain itu di Jakarta juga akan dilaksanakan sejumlah acara oleh Pinsar Indonesia.

Acara HATN dan WED 2017 akan dilaksanakan bekerjasama dengan Lombok Post group didukung oleh Pemda Provinsi NTB khususnya Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi  NTB dan dinas terkait lainnya, Fakultas Peternakan Universitas Mataram (Unram), Fakultas Kedokteran Hewan (FKH) Universitas Nusatenggara Barat (UNTB), komunitas peternak unggas, dan sejumlah lembaga dan komunitas lainnya.


HATN 2017 mengangkat tema “Ayam dan Telur Makanan Kita Semua” . Tema ini mengandung spirit bahwa ayam dan telur menjadi makanan semua lapisan masyarakat, karena harganya terjangkau dan kandungan gizinya luar biasa. Dengan mengonsumsi sebutir telur sehari dan sepotong daging ayam, tubuh kita akan lebih sehat dan cerdas.

Yuk Konsumsi Telur dan Ayam Untuk Menjaga Kesehatan Tubuh Jangka Panjang!


Referensi:
http://pinsarindonesia.com/category/bahan-lomba-menulis-hatn-2017/

Catatan 'Penting' Sebelum Berkomentar:
  • 1. Harap berkomentar sesuai dengan judul artikel.
  • 2. Tidak diperbolehkan untuk mempromosikan barang atau berjualan.
  • 3. Tidak perlu tulis link di komentar, yang sudah komentar pasti akan saya kunjungi balik lewat profil kamu.
  • 4. Terima Kasih sudah berkunjung, untuk hubungi saya bisa melalui 'Halaman Kontak'
  • *Berkomentarlah dengan baik, Kepribadian kamu tercemin saat berkomentar.

9 comments

Telur udah jadi makanan favoriteku,
Hampir tiap hari makan telur,
untungnya ga bisulan haha

Balas

saya kalau makan telur cuman putihnya aja, enak sih cuman takut makan kuningnya soalnya alergi.

Balas

saya sukaaaak banget sama telur apalagi telur rebus :3 makasih ilmunya mas, jadi tau banyak manfaat dari telur :D

Balas

Kalau saya suka manfaat telur yg gak bikin gemuk, disamping manfaat yg lain.

Balas

Telur itu makanan wajib di rumah aku. Kalau bikin menu daging di rumah aku nyaris enggak laku, ayam kadang-kadang laku, begitu masak telur ludes sampai pada minta nambah nasi.

Balas

Yess!! Setuju banget, saya juga suka banget makan telur, mungkin hampir tiap hari. Udah gitu cara ngolahnya juga mudah dan banyak menu yang bervariasi yang bisa diolah dari telur.....

Balas

wahhhh coba makan dulu yuk mas, supaya tau dengan makan telur atau ayam alerginya bisa terhapus kan :D

Balas

sama kakk aku juga suka hhe

Balas

telur kampung tetep yang terbaik gizinya. soalnya aku pernah baca ada riset tentang telur yang cokelat itu ayam indukannya kan disuntik. kalau untuk yg punya alergi, bisa gatel-gatel :'(

Balas

Notification
Yuk Gabung menjadi member Diskusi Komunitas Blogger Indonesia yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, silahkan dipilih

- Forum Diskusi Blogger Indonesia
- Diskusi Komunitas Adsense Indonesia
- Komunitas Tutorial Blogger Indonesia

Terima kasih
Done